TATA CARA MENANGANI MASALAH KERACUNAN KARBON MONOKSIDA

Posted by


Karbon monoksida (CO) adalah bahan kimia yang dibuat ketika beberapa bahan bakar, seperti batu bara dan gas, dibakar. CO adalah racun karena mengurangi jumlah oksigen yang diterima oleh sel-sel tubuh. Sel darah merah mengandung protein yang disebut hemoglobin yang membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Karena CO mengikat jauh lebih mudah dan erat dengan hemoglobin daripada oksigen, CO akan menggantikan oksigen dalam aliran darah ketika dihirup. Ketika itu terjadi, sel-sel yang membutuhkan banyak oksigen, seperti jantung, otot rangka, dan sistem saraf pusat, tidak bisa berfungsi dengan baik.(penyebab Keracunan karbon monoksida)

Untuk menjelaskan aspek ini , kita perlu menjelaskan bagaimana tubuh menggunakan oksigen dari udara .

Oksigen diangkut ke seluruh tubuh melalui sel-sel darah merah . Secara khusus , oksigen mengikat zat dalam sel darah merah yang disebut hemoglobin , yang juga bertanggung jawab untuk warna merah mereka .

Hemoglobin mengambil oksigen darah melewati paru-paru , dan pada saat yang sama karbon dioksida , yang dihasilkan oleh metabolisme tubuh , dilepaskan dari darah ke dalam menghembuskan napas .

Kombinasi oksigen dengan hemoglobin disebut oksihemoglobin dan ini darah ' oksigen ' terbawa dari paru-paru melalui aliran darah ke seluruh jaringan tubuh .

Karbon monoksida juga dapat mengikat hemoglobin tetapi tidak jadi sekitar 240 kali lebih erat dari oksigen , membentuk senyawa yang disebut carboxyhaemoglobin .

Ini berarti bahwa jika kedua karbon monoksida dan oksigen yang terhirup , karbon monoksida istimewa akan mengikat hemoglobin . Hal ini akan mengurangi jumlah hemoglobin yang tersedia untuk mengikat oksigen , sehingga tubuh dan jaringan menjadi kekurangan oksigen .

Carboxyhaemoglobin juga memiliki efek langsung pada pembuluh darah tubuh - menyebabkan mereka menjadi ' bocor ' . Ini terlihat terutama di otak , menyebabkan otak membengkak , menyebabkan ketidaksadaran dan kerusakan saraf .(pengobatan Keracunan karbon monoksida)

Seseorang dengan keracunan CO akut membutuhkan oksigen tambahan sesegera mungkin. Individu dapat diberikan oksigen murni untuk bernapas. A (hy-per-BARE-ik) ruang oksigen hiperbarik juga dapat digunakan untuk mengobati keracunan CO. Ini adalah ruang besar yang memegang pasien, dan kadang-kadang tim medis. Ruang ini diisi dengan 100 persen oksigen, dan tekanan meningkat sampai tiga atmosfer (tiga kali tekanan udara di dekat permukaan bumi, atau tekanan tubuh terasa sekitar 90 kaki di bawah air). Tekanan dan oksigen murni membantu molekul oksigen menggantikan CO melekat pada hemoglobin. Diagnosis dan PENGOBATAN keracunan CO kronis mungkin lebih sulit, karena gejala yang mirip dengan flu dan kondisi lainnya.(Symoptoms Keracunan karbon monoksida)

Salah satu kesulitan dengan diagnosis keracunan karbon monoksida adalah bahwa banyak dari gejala yang mirip dengan kondisi lain.

Seringkali timbulnya gejala bertahap, terjadi tanpa individu atau dokter sepenuhnya menyadari apa yang terjadi. Ditambah dengan ini adalah kenyataan bahwa keparahan keracunan tergantung pada:
     berapa banyak karbon monoksida sebenarnya hadir di lingkungan
     durasi Anda terkena karbon monoksida
     usia yang bersangkutan individu - anak-anak tua, dan janin semua berisiko lebih besar
     keadaan umum kesehatan
     tingkat aktivitas fisik - efek yang meningkat dengan tingkat aktivitas yang lebih tinggi.
Gejala yang paling umum (dengan frekuensi kejadian dalam kurung) meliputi:
     sakit kepala (90 persen)
     mual dan muntah (50 persen)
     vertigo (50 persen)
     negara mengubah kesadaran (30 persen)
     Kelemahan (20 persen).(pengobatan rumah Keracunan karbon monoksida)

Karbon monoksida adalah tidak berwarna , tidak berbau gas yang ketika dihirup dapat menyebabkan penyakit mendadak dan bahkan kematian . Hal ini terbentuk sebagai produk sampingan dari pembakaran bahan bakar fosil dan dapat ditemukan dalam knalpot dipancarkan oleh mesin termasuk mobil , truk, kapal , mesin bensin kecil , dan generator diesel . Hal ini juga ditemukan dalam asap yang dipancarkan oleh kompor , lentera , kayu api , rentang gas, sistem pemanas dan membakar kayu atau arang .

Asap dipancarkan oleh sumber-sumber di ruang tertutup atau sebagian tertutup dapat menyebabkan penumpukan karbon monoksida . Orang-orang dan hewan yang berada dalam ruang tertutup dapat serius terpengaruh oleh penumpukan ini karbon monoksida . Kadang-kadang , dengan konsekuensi yang fatal . Efek keracunan karbon monoksida hasil dari kenyataan bahwa ia mengikat sel darah merah jauh lebih mudah daripada oksigen . Menghirup udara bercampur dengan karbon monoksida akan menghasilkan oksigen darah digantikan dengan karbon monoksida . Ini kekurangan oksigen penyebab yang dapat merusak jaringan dan menyebabkan kematian . Gejala-gejala keracunan karbon monoksida termasuk sakit kepala , pusing, mual , muntah , nyeri dada dan kebingungan . Karena gejala-gejala ini mirip dengan kondisi lain , diagnosis bisa sulit . Namun, gejala ini akan hilang dengan cepat ketika orang yang terkena bergerak menjauh dari sumber asap dan keluar ke tempat terbuka .
http://ramuanh3rbal.blogspot.com


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Ramuanherbal Updated at: 7:17 AM

Cari di Google